Ciri-Ciri Flek Paru-Paru Pada Anak Yang Perlu Diwaspadai

Anda sebagai orang tua sangatlah penting untuk mengetahui akan ciri-ciri flek paru-paru pada anak maupun bayi, mengingat bahwa penyakit flek paru-paru yang tidak segera diobati bisa menyebabkan kematian.

Ciri-Ciri Flek Paru-Paru Pada Anak

Dalam istilah medis flek paru-paru disebut juga sebagai tuberkulosis atau Tbc merupakan salah satu penyakit yang rentan terjadi pada anak-anak di bawah usia 2 tahun, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa orang dewasa bisa terkena penyakit ini.

Dimana flek paru-paru ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis, yang mana bakteri ini bisa menginfeksi bayi maupun anak balita melalui percikan ludah saat batuk, bersin atau udara pernapasan dari penderita Tbc dewasa.

Selain anak-anak dan orang dewasa, ternyata orang yang memiliki imunitas rendah dan tinggal di lingkungan dengan orang-orang penderita Tbc juga sangat rentan untuk terinfeksi bakteri tuberculosis.

Ciri-Ciri Flek Paru-Paru Pada Anak Dan Bayi Yang Perlu Diwaspadai

Dan berikut ini adalah beberapa tanda atau ciri-ciri flek paru-paru pada anak dan bayi yang sering muncul dan dirasakan oleh penderitanya diantaranya :

  1. NAFSU MAKAN MENURUN

Umumnya penderita flek paru-paru akan mengalami nafsu makan menurun, dimana hal ini disebabkan karena adanya infeksi yang terjadi di dalam paru-paru yang berakibat menurunkan nafsu makan pada penderitanya.

  1. MENGALAMI DEMAM TINGGI

Kemudian ciri lain dari flek paru-paru pada anak adalah mengalami demam tinggi, dimana dalam beberapa kasus anak bisa mengalami demam hingga lebih dari 40 derajat Celcius.

  1. BATUK YANG TAK KUNJUNG SEMBUH

Meskipun batuk selalu muncul dalam beberapa gejala penyakit lain seperti flu, masuk angin, serangan virus dan bahkan ketika anda kelelahan. Namun, batuk yang tak kunjung sembuh selama lebih dari dua minggu atau lebih maka anda sebagai orang tua harus waspada, karena flek paru-paru juga bisa membuat anak batuk yang cukup lama.

  1. PENURUNAN BERAT BADAN

Mengingat bahwa penderita flek paru-paru bisa menimbulkan gejala berupa nafsu makan berkurang, maka secara otomatis anda akan mengalami penurunan berat badan.

  1. KESULITAN BERNAFAS

Biasanya anak-anak yang mengalami flek paru-paru akan kesulitan untuk bernafas karena udara yang tidak cukup dalam paru-paru, bahkan beberapa anak juga akan mengalami nafas yang berbunyi.

  1. PERADANGAN PADA BRONKIOLITIS

Dalam tahap tertentu ketika flek paru-paru tidak diobati dengan cara yang tepat, maka bisa menyebabkan peradangan pada bagian bronkiolitis.

  1. MENGELUARKAN KERINGAT DINGIN

Anak yang terkena flek paru-paru biasanya akan sering mengeluarkan keringat dingin secara berlebihan dan biasanya kondisi seperti ini sering terjadi pada saat malam hari.

Dimana melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang cepat adalah tindakan yang paling tepat ketika anak anda mulai mengalami beberapa gejala diatas sehingga dampak buruk akibat penyakit ini bisa anda hindari.

Biasanya pengobatan pada anak menggunakan obat anti-TB yang dikonsumsi selama 6 bulan, pengobatan bisa bertambah 3 bulan untuk mencegah kekambuhan dan ada baiknya pengobatan harus rutin dan tidak boleh berhenti sebelum waktu yang sudah ditentukan karena jika berhenti maka kuman akan muncul lagi dan kebal terhadap obat.

Sedangkan untuk mencegah terserangnya flek paru-paru pada bayi adalah dengan memberikan ASI, zat-zat kekebalan tubuh sejak lahir (imunisasi) serta konsumsi makanan sehat yang bergizi.

Nah itulah informasi singkat terkait ciri-ciri flek paru-paru pada anak yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*